Langsung ke konten utama

Aplikasi Berbasis Internet

Pengertian Aplikasi Berbasis Internet
Aplikasi Berbasis Internet adalah suatu jenis aplikasi yang menerangkan arsitektur sistem terdistibusi denganmengunakan internet sebagai media komunikasi antarkomponennya. Karakteristik aplikasi berbasis Internet menggunakan protokol aplikasi yang sudah ada ataumendefinisikan protokol sendiriAplikasi di sisiberkomunikasi langsung dengan client. Aplikasi di sisi client dapat berupa aplikasi sendiri atau ditempelkan dalamaplikasi lain.
Aplikasi internet merupakan suatu jenis aplikasi yang menerapkan arsitektur sistem terdistribusi dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi antar komponennya. Karakteristik aplikasi berbasis Internet menggunakan protokol aplikasi yang sudah ada atau mendefinisikan protokol sendiri, Aplikasi di sisi server berkomunikasi langsung dengan client. Aplikasi di sisi client dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau ditempelkan dalam aplikasi lain. Aplikasi berbasis Web ini menggunakan protokol HTTP, Aplikasi di sisi server berkomunikasi dengan client melalui Web server. Aplikasi di sisi client umumnya berupa Web browser jadi, Aplikasi berbasis Web (client/server-side script) berjalan di atas Aplikasi berbasis Internet.
Ø  Kelebihan :
Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi dengan mudah dengan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakantelepon. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.

Ø  Kelemahan :
Kemunculan situs jejaring sosial ini menyebabkan interaksi interpersonal secara tatap muka (face-to-face) cenderung menurun. Orang lebih memilih untuk menggunakan situs jejaring sosial karena lebih praktis.. Di lain pihak, kemunculan situs jejaring sosial ini membuat anak muda tidak dapat tidak mengakses internet. Dalam kadar yang berlebihan, situs jejaring sosial ini secara tidak langsung membawa dampak negatif, seperti kecanduan yang berlebihan dan terganggunya privasi seseorang.
    Contoh Aplikasi Berbasis Internet
·         Email
      Email adalah singkatan dari elektronik mail yg berarti surat elektronik. Melalui email dapat mengirim surat eletronika baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar yang dikirmkan dari satu alamat email ke alamat email lain di jaringan internet.

Istilah-istilah yang berhubungan dengan Email :
1)      WebMail
Webmail adalah situs atau website yang menyediakanfasilitas Email. Beberapa Website yang menyediakan email gratis :
·           Yahoo mail
·           Google mail (gmail) dll.
2)      Email Adress / Alamat Email
Email Adress / Alamat Email adalah alamat yang kita dapatketika membuat suatu email pada website penyedia email.
3)      MailBox
Mailbox ini di ibaratkan kotak surat pada umumnyajadiapabila ada kiriman dari orang lain, maka surat tersebutakan masuk ke dalam mailbox atau kotak surat.
4)      CC atau BCC 
CC (Carbon copy), BCC (Blind Copy) adalah sama dengantembusanJadi apabila anda mau mengirim surat ke lebihdari satu orang, maka masukan alamat yang lainnya kedalam CC.
5)      Email Client
Email Client adalah tools atau software mempermudahdalam mengatur email. Dengan software email client andatidak login ke situs penyedia email namun langsung di download ke Komputer anda melalui software tersebutContoh software email client :
·         Microsoft Outlook Express
·         Thunder bird
5
Beberapa jenis Email yaitu:
1)      Pop Mail
•         Kelebihan utama dari POP mail adalahkemampuannya untuk dibaca secara offline (tidak connect ke internet)
•         Kekurangan dari POP mail ini adalah dalam halfleksibilitas akses e-mail.
2)      Web-based e-mail

•         Kelebihanbebas mengakses e-mail dari komputermanapun dan dari manapunselama ada koneksi internet (fleksibel)
•         Kekuranganharus selalu terhubung ke internet untuk membaca e-mail yang diterima dalam jumlah yang banyak (biaya koneksi lebih besar)
3)      E-mail forwarding
Meneruskan e-mail yang dikirim kepadanya menuju keaccount email yang lain.
•         Kelebihanbisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya
•         Kekurangansifatnya sebagai perantara, e-mail yang akan diterima akan membutuhkan waktu yang lebih lama

·         IRC (Internet Relay Chat)
      IRC adalah fasilitas pengiriman pesan secara real-time di internet. Ide dasar pengiriman pesan secara real-time inilah yang kemudian menginspirasi para developer lainnya untuk mengembangkan aplikasi di sisi client dan server. Contoh:
-Yahoo! dengan produknya bernama  Yahoo!Messenger
- Microsoft dengan produknya Windows Life Messenger, dan lain sebagainya.
IRC banyak digunakan di Komputer dengan aplikasi seperti Mirc, Pidgin, dll.

·         BLOG
      Hasil evolusi dari suatu bentuk diary yang diletakkan pada internet (online diary). Istilah ‘weblog’ muncul dari seseorang bernama Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997.
6
      Evan mempopulerkan istilah ‘blogger’ sebagai orang yang memiliki atau aktif mengisi weblog Tahun 2001. Blog menjadi fenomenal karena banyaknya konten berisi tentang‘how-to’Tahun 2002. Blog mulai memperkenalkanadanya comment (komentardari pembacanya Tahun2004. Peran blog mulai bergeser menjadi sesuatu yang ‘penting’ bagi tokoh-tokoh politik menggunakan blog sebagai media untuk menampung aspirasi danmempengaruhi masyarakat Blog memiliki ‘kekuatan’ dalamhal memberikan pengaruh pada orang lain .Kini blog dapatdijadikan lahan untuk mencari penghasilan dengan caramenjadi publisher iklan di internet danmenjadi reviewer produk/jasa .

·         Social  Networking
      Merupakan sebuah web berbasis pelayanan yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil, melihat list pengguna yang tersedia, serta mengundang atau menerima teman untuk bergabung dalam situs tersebut. Tampilan dasar situs jejaring sosial ini menampilkan halaman profil pengguna, yang di dalamnya terdiri dari identitas diri dan foto pengguna. Social Networking salah satu aplikasi berbasis internet yang paling digemari oleh pengguna internet.

Terdapat 3 (tiga) bentuk interaksi yang mendasar adalah:
1)      Pengiriman pesan atau e-mail;
2)      Chat ;dan
3)      Buletin atau mading bersama.

Perbedaan Aplikasi berbasis Internet dan Aplikasi berbasis Web
Ø  Aplikasi berbasis Internet
a.       Menggunakan protokol aplikasi yang sudah ada ataumendefinisikan protokol sendiri;
b.      Aplikasi di sisi server berkomunikasi langsung denganclient; dan
c.       Aplikasi di sisi client dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri atau ditempelkan dalam aplikasi lain.

Ø  Aplikasi berbasis Web
a.       Menggunakan protokol HTTP;
b.      Aplikasi di sisi server berkomunikasi dengan client melalui web server; dan
c.       Aplikasi di sisi client umumnya berupa web browser.

            Jadi kesimpulannya adalah Aplikasi berbasis Web (client/server-side script) berjalan di atas Aplikasi berbasisInternet (web client/server software).
Kesimpulan
          Aplikasi internet merupakan suatu jenis aplikasi yang menerapkan arsitektur sistem terdistribusi dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi antar komponennya sedangkan aplikasi berbasis web aplikasi yang djalankan melalui browser dengan hanya melakukan sekali install pada webserver dan dapat diakses dimanapun selama terdapat koneksi internet.
          Aplikasi berbasis Internet menggunakan protokolaplikasi yang sudah ada atau mendefinisikan protokolsendiri, aplikasi berbasis internet di sisi server berkomunikasi langsung dengan client dan aplikasi di sisiclient dapat berupa aplikasi yang berdiri sendiri atauditempelkan dalam aplikasi lain sedangkan aplikasi berbasis web menggunakan protokol HTTP, aplikasi berbasis web di sisi server berkomunikasi dengan client melalui web server dan aplikasi di sisi client umumnya berupa web browser.
            Aplikasi berbasis Web (client/server-side script) berjalan di atas Aplikasi berbasis Internet (web client/server software).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pemrograman Dasar 3

1. Merupakan salah satu Bahasa pemrograman visual hasil pengembangan produksi Borland adalah A. Delphi C. Javascript E. Dreamweaver B. Pascal D. Visual Basic 2.  Kata Delphi sendiri berasal dar i Bahasa… A. Yunani C. Inggris E. Belanda B. Romawi D. Indonesia 3.  Digunakan untuk menentukan pilihan lebih dari satu adalah fungsi dari komponen... A. ListBox C. CheckBox E. Radio Button B. Label D. Edit 4 .   Shortcut yang digunakan untuk menjalankan program (run) adalah... A. F5 C. F7 E. F9 B. F6 D. F8 5 .   Dibawah ini manakah penulisan bentuk umum Percabangan IF yang benar... A. If syarat then hasil; C. Then syarat if hasil; E.  If hasil then syarat;   B. Then hasil if syarat; D. Semua Jawaban Salah 6 . Jendela

Materi Firewall Fortigate Fundamentals

FIREWALL Firewall dapat disebut “gatekeeper” atau penjaga pintu gerbang yang melindungi internet perusahaan dan jaringan komputer lainnya dari intrusi atau penyusup. Firewall juga pada umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada gateway antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Firewall berfungsi untuk melakukan autentikasi terhadap akses, memfilter, mengawasi paket data yang mengalir di jaringan, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan lokal yang dilindungi firewall. sistem keamanan jaringan menggunakan fortigate FORTIGATE Fortigate  adalah sebuah sistem keamanan yang dikeluarkan oleh

Materi Subnetting dan VLSM

SUBNETTING Subnetting adalah teknik memecah suatu jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask untuk dijadikan Network ID baru. Subnetting merupakan teknik memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting hanya dapat dilakukan pada IP addres kelas A, IP Address kelas B dan IP Address kelas C. Dengan subnetting akan menciptakan beberapa network tambahan, tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut.   Alasan Melakukan Subnetting Mengalokasikan IP address yang terbatas supaya lebih efisien. Jika internet terbatas oleh alamat-alamat di kelas A, B, dan C, tiap network akan memliki 254, 65.000, atau 16 juta IP address untuk host devicenya. Walaupun terdapat banyak network dengan jumlah host lebih dari 254, namun hanya sedikit network (kalau tidak mau dibilang ada) yang memiliki host sebanyak 65.000 atau 16 juta. Dan network yang memiliki lebih dari 254 device akan me