Langsung ke konten utama

Kapten Pattimura


Nama Lengkap : Kapitan Pattimura
Alias : Pattimura | Thomas Matulessy
Profesi : Pahlawan Nasional
Agama : Islam
Tempat Lahir : HualoyHualoySeram Selatan, Maluku
Tanggal Lahir : Minggu, 8 Juni 1783
Zodiac : Gemini
Warga Negara : Indonesia








BIOGRAFI
Pattimura lahir pada tanggal 8 Juni 1783 dari ayah FransMatulesi dengan Ibu Fransina Silahoi. Munurut M. Sapidjapenulis buku sejarah pemerintahan pertamamengatakanbahwa “pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawandan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayah beliau yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari KasimilialiPattimura MattulessyYang terakhir ini adalah putra raja Sahulau. Sahulau merupakan nama orang di negeri yang terletak dalam sebuah teluk di Seram Selatan"

Ia adalah pahlawan yang berjuang untuk Maluku melawanVOC BelandaSebelumnya Pattimura adalah mantan sersandi militer Inggris. pada tahun 1816 Inggris bertekuk lututkepda belandaKedatangan kembali kolonial Belanda padatahun 1817 mendapat tantangan keras dari rakyat. Hal inidisebabkan karena kondisi politikekonomidan hubungankemasyarakatan yang buruk selama dua abad. Rakyat Maluku akhirnya bangkit mengangkat senjata di bawahpimpinan Kapitan Pattimura. 

Sebagai panglima perangKapitan Pattimura mengaturstrategi perang bersama pembantunya. Sebagai pemimpindia berhasil mengoordinir raja-raja dan patih dalammelaksanakan kegiatan pemerintahanmemimpin rakyatmengatur pendidikanmenyediakan pangan danmembangun benteng-benteng pertahanan. Dalamperjuangan menentang Belanda ia juga menggalangpersatuan dengan kerajaan Ternate dan Tidore, raja-raja di Bali, Sulawesi dan JawaPerang Pattimura hanya dapatdihentikan dengan politik adu dombatipu muslihat danbumi hangus oleh Belanda.

Di Saparuadia dipilih oleh rakyat untuk memimpinperlawananUntuk ituia pun dinobatkan bergelar KapitanPattimuraPada tanggal 16 Mei 1817, suatu pertempuranyang luar biasa terjadi. Rakyat Saparua di bawahkepemimpinan Kapitan Pattimura tersebut berhasilmerebut benteng Duurstede. Tentara Belanda yang adadalam benteng itu semuanya tewastermasuk Residen Van den Berg.

Pasukan Belanda yang dikirim kemudian untuk merebutkembali benteng itu juga dihancurkan pasukan KapitanPattimura. Alhasilselama tiga bulan benteng tersebutberhasil dikuasai pasukan Kapitan Patimura. NamunBelanda tidak mau menyerahkan begitu saja benteng itu.Belanda kemudian melakukan operasi besar-besarandengan mengerahkan pasukan yang lebih banyak dilengkapidengan persenjataan yang lebih modern. Pasukan Pattimuraakhirnya kewalahan dan terpukul mundur.

Di sebuah rumah di Siri SoriKapitan Pattimura berhasilditangkap pasukan Belanda. Bersama beberapa anggotapasukannyadia dibawa ke Ambon. Di sana beberapa kali dia dibujuk agar bersedia bekerjasama dengan pemerintahBelanda namun selalu ditolaknya.
 
Para tokoh pejuang akhirnya dapat ditangkap danmengakhiri pengabdiannya di tiang gantungan pada tanggal16 Desember 1817 di kota Ambon. Atas kegigihannyamemperjuangkan kemerdekaanKapitan Pattimuradikukuhkan sebagai “Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan” oleh pemerintah Republik Indonesia.

PENGHARGAAN
• Pahlawan Perjuangan Kemerdekaan RI
Perlawanan Pattimura (1817)

Sebab Terjadinya Perlawanan     :
1)    Kembalinya pemerintah kolonial Belanda di Maluku daritangan Inggris.
2)    Pemerintah kolonial Belanda memberlakukan kembalipenyerahan wajib dan kerja wajib yang sudah dihapusolehInggris.
3)    Pemerintah kolonial Belanda mengeluarkan uang kertassebagai pengganti uang logam yang sudah berlaku di Maluku,menambah kegelisahan rakyat.
4)    Belanda mulai menggerakkan tenaga dari KepulauanMaluku untuk menjadi tentara Belanda.
Tokoh-Tokoh Perlawanan             :
Kapiten Pattimura (Thomas Mattulessi),Rhebok,ThomasPattiwel,Raja Tiow,Lukas Latumahina,dan JohanesMattulessi.
Waktu/Tempat Terjadinya              :
            Tahun 1817 di Maluku
Jalannya Perlawanan                    :
            Serangan dimulai pada tanggal 5 Mei 1817 denganmenyerbu Pos Belanda di Porto.Residen Van Den Berg dapat ditawan namun dilepaskan lagi oleh rakyatMaluku.Rakyat Maluku berhasil menduduki bentengDuurstede.Belanda terus-menerus menembaki daerahpertahanan Pattimura dengan meriam,sehingga bentengDuurstede dikosongkan.Benteng diduduki Belanda danBelanda meminta bantuan kepada tentara yang berada di Ambon untuk mengadakan serangan besar-besaran.
Akhir Perlawanan                            :
            Pattimura dan pemimpin pasukantertangkap.Pattimura dihukum gantung di depan bentengVictoria Ambon.Sebelum digantung,Pattimura berkataPattimura-Pattimura tuaboleh dihancurkan,tetapi sekaliwaktu kelak Pattimura-Pattimura muda akanbangkit.”Tertangkapnya para pemimpin menyebabkanMaluku melemah dan dapat dikuasai Belanda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pemrograman Dasar 3

1. Merupakan salah satu Bahasa pemrograman visual hasil pengembangan produksi Borland adalah A. Delphi C. Javascript E. Dreamweaver B. Pascal D. Visual Basic 2.  Kata Delphi sendiri berasal dar i Bahasa… A. Yunani C. Inggris E. Belanda B. Romawi D. Indonesia 3.  Digunakan untuk menentukan pilihan lebih dari satu adalah fungsi dari komponen... A. ListBox C. CheckBox E. Radio Button B. Label D. Edit 4 .   Shortcut yang digunakan untuk menjalankan program (run) adalah... A. F5 C. F7 E. F9 B. F6 D. F8 5 .   Dibawah ini manakah penulisan bentuk umum Percabangan IF yang benar... A. If syarat then hasil; C. Then syarat if hasil; E.  If hasil then syarat;   B. Then hasil if syarat; D. Semua Jawaban Salah 6 . Jendela

Materi Firewall Fortigate Fundamentals

FIREWALL Firewall dapat disebut “gatekeeper” atau penjaga pintu gerbang yang melindungi internet perusahaan dan jaringan komputer lainnya dari intrusi atau penyusup. Firewall juga pada umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada gateway antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Firewall berfungsi untuk melakukan autentikasi terhadap akses, memfilter, mengawasi paket data yang mengalir di jaringan, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan lokal yang dilindungi firewall. sistem keamanan jaringan menggunakan fortigate FORTIGATE Fortigate  adalah sebuah sistem keamanan yang dikeluarkan oleh

Materi Subnetting dan VLSM

SUBNETTING Subnetting adalah teknik memecah suatu jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask untuk dijadikan Network ID baru. Subnetting merupakan teknik memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting hanya dapat dilakukan pada IP addres kelas A, IP Address kelas B dan IP Address kelas C. Dengan subnetting akan menciptakan beberapa network tambahan, tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut.   Alasan Melakukan Subnetting Mengalokasikan IP address yang terbatas supaya lebih efisien. Jika internet terbatas oleh alamat-alamat di kelas A, B, dan C, tiap network akan memliki 254, 65.000, atau 16 juta IP address untuk host devicenya. Walaupun terdapat banyak network dengan jumlah host lebih dari 254, namun hanya sedikit network (kalau tidak mau dibilang ada) yang memiliki host sebanyak 65.000 atau 16 juta. Dan network yang memiliki lebih dari 254 device akan me