Langsung ke konten utama

Aplikasi Berbasis Web

Aplikasi Berbasis Web
Aplikasi berbasis web adalah aplikasi yang tidak harus diinstalldulu di komputer atau aplikasi yang bisa langsung dijalankan dengan menggunakan Web Browser.
Web browser adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang ada di internet. contoh : Mozila Firefox, Internet Explorer, Netscape, Safari, Google Chrome dll. Aplikasi Berbasis Web adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses melalui internet atau intranet, dan pada sekarang ini ternyata lebih banyak dan lebih luas dalam pemakaiannya. Banyak dari perusahaan-perusahaan berkembang yang menggunakan Aplikasi Berbasis Web dalam merencanakan sumber daya mereka dan untuk mengelola perusahaan mereka.
Keunggulan aplikasi berbasis Web
1.    Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.
2.    Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based  application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.
3.    Dapat dijalankan di system operasi manapun. Tidak perduli apakah kita menggunakan linux, windows,  aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser dan akses internet.
4.    Dapat diakses lewat banyak media seperti: computer, handheld dan handphone yang sudah sesuai dengan standard WAP.
5.    Tidak perlu spesifikasi computer yang tinggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web lain.
Aplikasi web menjadi populer karena kemudahan tersedianya aplikasi klien untuk mengaksesnya, penjelajah web, yang kadang disebut sebagai suatu thin client (klien tipis). Kemampuan untuk memperbarui dan memelihara aplikasi web tanpa harus mendistribusikan dan menginstalasi perangkat lunak pada kemungkinan ribuan komputer klien merupakan alasan kunci popularitasnya. Aplikasi web yang umum misalnya webmail, toko ritel daring, lelang daringwikipapan diskusiweblog, serta MMORPG


Contoh Contoh Aplikasi Berbasis Web
Pengertian Web Mail



WEB MAIL adalah klien email yang menggunakan halaman Web sebagai media untuk mengelola email di sisi klien. Sesuai dengan sifat Aplikasi Web, pemakai Webmail tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak dan cukup mengisi sangat sedikit konfigurasi. Dengan kemudahan akses halaman Web dari banyak tempat, Webmail menjadi lebih disukai lagi terutama bagi mereka yang sering berganti-ganti komputer untuk akses Internet. Penyedia jasa Webmail gratis pun cukup banyak tersedia karena mereka dapat menyediakan halaman Web yang akan sering dikunjungi pemakainya, dengan timbal balik berupa pemasukan dari iklan.




Macam-macam Web mail
a.   Yahoomail
Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.
Keunggulan Yahoomail

1. YahooMessenger "YM"
2. Tempat penyimpanan yang lumayan besar hampir samadengan gmail, yahoomail juga mempunyai tempat penyimpanan yang besar
3. User Interface yang menarik
yahoomail mempunyai user interface yang lebih menarik dibanding gmail, tak hanya menarik tetapi juga mudah digunakan, meskipun oleh pemula.




Kekurangan Yahoomail

1. Data active friend

Active friend = jumlah orang yang sudah menjadi teman kita, bukan jumlah teman kita yang sedang online, begitu juga tentang jumlah user pada tempat dimana kita check in, tidak menunjukkan orang yang online pada area tersebut, malainkan jumlah orang yang pernah berkunjung (check in) pada lokasi tersebut.
2. Tidak ada chat
3. Unread Message membingungkan
Berulang kali saya mencoba klik link tersebut, tapi ujungnya ya kembali lagi ke halaman stream (home) karena unread message di sini cuma merupakan pertanda adanya hal baru, tidak merupakan link yang membawa kita pada halaman lain yang berisikan daftar hal baru tersebut (notification).
4. Tidak ada koleksi Foto
5. Tidak ada message (pesan)











b. Gmail



Gmail adalah layanan webmail gratis yang disediakan oleh Google. Di Jerman, Gmail secara resmi di sebut sebagai Google Mail. Gmail beta di luncurkan pada April 2004, dan menggunakan sistem "undangan" untuk proses pendaftarannya. Pada Februari 2007, siapapun bisa mendaftar Gmail tanpa harus diundang oleh pengguna Gmail. Pada Juli 2009, status Gmail di-upgrade dari beta dan memiliki 146 juta pengguna. Gmail menawarkan kapasitas penyimpanan sebesar 7350 MB.
Keunggulan Gmail

1. GTalk
Fungsi ini digunakan untuk chatting dengan sesama pengguna gmail secara online, meskipun kalah tenar dari YM tetapi masih banyak yang menggunakan.

2. Tempat penyimpanan yang besar
Anda bisa menerima file berukuran besar dengan gmail, dan tempat penyimpanan ini kian besar dari hari ke hari.

3. Satu login untuk semua
Jika anda login di gmail maka secara otomatis anda telah login di youtube, blogger dan berbagai fitur lain yang berhubungan dengan google.

Kekurangan Gmail

· Tidak ada menu drag and drop
Fitur drag and drop email telah support di Yahoo, namun tidak di Gmail. Tampaknya sederhana, namun pada dasarnya user akan lebih senang yang praktis, ketimbang harus men-check semua email dan kemudian memilih folder lainnya ketika memindahkan sebuah email.

· Fitur delete
Memang shortcut keyboard sudah ada di Gmail, namun untuk shortcut penghapusan email bukan berupa tombol yang biasa digunakan, yakni “Delete” di keyboard, malah tombol “#”.

· Fitur label
Gmail tidak menyediakan fasilitas pembuatan folder baru, tapi hanya berupa pemberian label baru di masing-masing email. Fasilitas ini memiliki kelemahan yakni email masih akan tetap tampil di kotak inbox.

· Scan email
Gmail memang melakukan scanning email di semua inbox, sehingga Google dapat memasang iklan yang tepat sasaran. Oleh karena itu, email user bisa dibaca orang lain, dan pemilik inbox tidak bisa berbuat apa-apa, mengingat itu semua adalah layanan dari Gmail.

· Statis signature
Layanan email lain masih memberikan fasilitas membuat lebih dari satu signature untuk banyak alamat email. Namun, di Gmail user harus repot mengganti signature secara manual setiap alamat email yang berbeda.


c. Hotmail


Windows Live Hotmail, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama MSN Hotmail dan seringkali hanya disebut dengan Hotmail, merupakan layanan e-mail berbasis web gratis yang dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows Live Group.

d. GMXmail



GMX Mail atau Global Mail Exchange adalah layanan e-mail gratis yang merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh United Internet, sebuah perusahaan layanan internet milik Jerman yang mendirikan GMX Mail pada tahun 1997
Layanan GMX Mail sudah mendukung POP3, IMAP dan SMTP, serta dapat terintegrasi dengan perangkat-perangkat mobile (handphone, smartphone, PDA, tablet). GMX Mail dapat diakses dengan menggunakan browser Firefox, Internet Explorer, Safari maupun Opera.
GMX Mail juga mendukung fitur filter, penggantian tema dan warna dasar, signature, penjawab otomatis (autoresponder), mail collector, penyaringan spam, serta virus scanning.
e. Ovimail



Ovi Mail adalah e-mail account gratis yang diberikan Nokia untuk para penggunanya.
Ovi Mail memberikan beberapa keuntungan, antara lain komunikasi e-mail bisa dilakukan langsung via telepon genggam dan dengan e-mail tentu tulisan bisa menjadi lebih banyak dan beragam. Yang paling penting, harga yang ditawarkan e-mail jauh lebih murah daripada SMS biasa

f. Royalmail



Royal Mail adalah jasa pos nasional Britania Raya.

Belanja Online (belanja daring)

Belanja online (belanja daring) adalah suatu bentuk perdagangan menggunakan perangkat elektronik yang memungkinkan konsumen untuk membeli barang atau jasa dari penjual melalui internet. Nama lain kegiatan tersebut adalah: e-web-shop, e-shop, e-toko, toko internet, web-shop, web-store, toko online, toko online dan toko virtual
Perkembangan Belanja Online (belanja daring)
Server World Wide Web (WWW) dan Browser, yang dibuat oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dibuka untuk penggunaan komersial pada tahun 1991.  Inovasi teknologi berikutnya muncul pada tahun 1994 dengan munculnya Netscape’s SSL standar enkripsi v2 untuk keamanan transfer data dibuat, maka online banking diterapkan. Dan Intershop pertama kali memakai sistem belanja online. Tidak ketinggalan Pizza Hut membuka toko pizza online.  Setelah itu  Amazon.com dan eBay meluncurkan situs belanja online di tahun 1995 .
Keuntungan Belanja Online
1. Pembeli tidak perlu datang langsung ke toko, mall, dan lain sebagainya. Cukup dengan mengakses website lewat internet untuk memilih barang yang dikehendaki
2. Kapan dan di mana saja dapat memilih barang. Dari rumah, kantor, perjalanan, dll selama terdapat koneksi internet dalam waktu 24 jam.
3. Pemilik Toko online dapat menekan biaya untuk fisik toko karena cukup memasarkan produknya melalui Internet
4. Pemasaran produk bisa menjangkau seluruh dunia.


Kerugian Belanja Online
1. Kualitas barang terkadang tidak sesuai dengan keinginan. Apa yang ditampilkan di website bisa berbeda dengan yang terima.
2. Rentan aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim
3. Resiko barang rusak setelah diterima akibat pengiriman pihak ketiga. Meski bisa diganti memerlukan waktu lagi.
4. Rentan aksi pembobolan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet
5. Marak aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu privasi masing-masing pembeli dan penjual.
www.BatikUnik.com 
Batikunik.com adalah salah satu contoh website keren yang menjual batik dan segala produk fashion yang berhubungan dengan batik. Batikunik hadir dengan navigasi yang tersusun rapi, informasi yang sering dicari oleh user di letakan di posisi yang sering dilihat, juga ditambah dengan banner yang berfungsi sebagai saran promosi.
BedCovermu.com 
Contoh website toko online lain yang fokus menjual produk bed cover. Berbagai merk dan ukuran bed cover tersedia bagi calon pelanggan.
Store.GriyaRungkut.com (link)
Contoh website baju muslim online Dengan tampilan yang sederhana namun hidup, devisi toko online dari GriyaRungkut.com ini menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk baju muslim dan hijab.
PasarOtomotif.com (link)
Website ini cukup kompleks karena dimana tiap tipe iklan terbagi menjadi banyak kategori dan terhubung dengan data kota dan merk.







INDOWEBSTER
Indowebster atau yang biasa disingkat IDWS, adalah webserver multimedia unlimited lokal (asli Indonesia) sebagai sarana hostingdan sharing file, tempat menyimpan file sampai 1024 MB per file, unlimited upload, unlimited download, unlimited bandwithfoto,video, dan galeri file. Situs ini di dirikan oleh Juny Maimun atau biasa di sapa Acong. . IDWS merupakan perpaduan RapidShare,ImageShack, dan Youtube. Dalam penggunaanya dibuat tanpa menginstal Indowebster terlebih dahulu melainkan langsung dapat diakses di link indowebster tersebut bila ingin mengupload dan mendownload file. Situs ini selalu meng-update video, gambar, atau file apapun yang sedang trend sama seperti situs youtube dan semacamnya yang selalu mengikuti perkembangan terkini.
Di bangun untuk sarana bisnis secara professional dan berbagi file dengan orang-orang IDWS menyediakan kapasitas besar untuk kegiatan menyimpan dan mengunduh file jadi jangan khawatir untuk menyimpan dan mengunduh file di IDWS, situs ini mempunyai kapasitas penyimpanan file sampai kisaran terabyte (sejuta megabyte) juga koneksi internet yang dalam transfernya mampu menampung ratusan gigabyte secara bersamaan dan yang terpenting IDWS dirancang sesederhana mungkin sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penyimpanan dan pengunduhan file di dalamnya. Di dirikan pada 15 April 2007, dan dilakukanrelaunching dan redesign situs pada 9 Juli 2011, indowebster sudah bisa menjadi situs popular di Indonesia dan dapat di sejajarkan dengan situs luar yang terkenal seperti rapidshare dan megaupload. Indowebster menjadi situs lokal tempat hosting dan sharing file terbesar dan tercepat di Indonesia. Dalam kurun waktu singkat sejak pertama kali didirikan, situs ini mampu berada di urutan delapan besar situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia. Namun sekarang situs ini menurut data dari Alexa.com menempati peringkat 37 (dengan kategori pencarian Indowebster.com) di Indonesia dan 3511 (dengan kategori pencarian Indowebster.com) di dunia dalam kategori situs yan paling sering dikunjungi pengguna internet. Sedangkan situs indowebster menurut data dariAlexa.com menempati peringkat 47 (dengan kategori pencarian Indowebster.web.id)di Indonesia dan 3906 (dengan kategori pencarian Indowebster.web.id) di dunia kategori situs yang paling sering dikunjungi pengguna internet dengan anggotanya berjumlah 1.261.080, dokumennya berjumlah 1.202.230, dan kapasitasnya berjumlah 130,24 TB




WIKIPEDIA
Wikipedia adalah sebuah situs yang berisi tentang artikel ensiklopedia dan referensi Online tingkat dunia yang bisa di akses oleh siapa saja, dimana saja selama bisa terhubung dengan internet. Wikipedia seringkali dijadikan referensi atas apapun yang dicari para pengunjung di internet. Apapun yang anda ingin ketahui, sebagian besar sudah ada di Wikipedia. Dan jika anda menuliskan suatu keyword apa saja, kemungkinan paling besar yang menduduki posisi teratas pada hasil daftar pencarian tersebut adalah artikel yang terdapat di Wikipedia. Kenapa wikipedia seperti ada dimana-mana? Karena hingga saat ini bisa dipastikan bahwa satu-satunya situs di internet yang paling banyak memiliki kontent artikel adalah wikipedia. Yang paling banyak memiliki tautan bebas adalah wikipedia. Bisa dikatakan wikipedia adalah salah satu open source terbesar di dunia.

Wikipedia adalah sebuah situs yang didirikan oleh Larry Sanger dan Jim Wales pada bulan Januari 2001. Wikipedia merupakan cabang resmi dari Nupedia, yaitu sebuah ensikopedia yang mempunyai label lebih formal. Wikipedia di kelolah oleh Wikimedia Foundation sebuah perusahaan nirlaba yang bermarkas di Amerika Serikat. Setelah Larry Sanger meninggalkan wikipedia pada tahun 2002, Jim Wales memegang penuh kendali atas wikipedia. Dan mengalang dana untuk semakin mengembangkan Wikimedia melalui donasi. Beberapa nama seperti Jeremy Rosenfeld, Benjamin Kovitz, Seth Cohen, adalah orang-orang yang berperan sebagai staf teknik pada wikimedia.

Apakah Wikipedia menyajikan artikel terpercaya? Hal ini bisa dianggap terserah anda yang menilainya. Karena Wikipedia di tulis oleh para kontributor, tentu saja isinya tergantung pada betapa dalamnya pemahaman kontributor tersebut terhadap objek yang ditulisnya. Wikipedia menekankan agar para penyumbang tulisan bersikap netral dan tidak terbawa perasaan.Yang paling istimewa adalah Wikipedia adalah sebuah situs besar yang bebas iklan.

Wikipedia menggunakan sofware open source yang banyak di gunakan oleh situs-situs berbasir ensiklopedia yang dapat dodownload secara bebas di Mediawiki.Org. Beberapa waktu yang lalu tersebar berita bahwa Wikipedia adalah sebuah situs yang pro Yahudi. Sehingga segala sesuatu yang berkaitan dengan yahudi akan mendapatkan perhatian paling besar dari para editor Wikipedia. Tapi berita ini belum tentu terbukti kebenarannya. Karena menurut Kamusq.com, tidak perduli siapa pendiri atau orang disebalik wikipedia, sebab satu yang pasti, wikipedia telah memberikan kontribusi yang sangat banyak terhadap perkembangan ilmu pengetahuan di dunia.

DETIK.COM
detikcom ialah sebuah portal web yang berisi berita dan artikel daring di Indonesiadetikcom merupakan salah satu situs berita terpopuler di Indonesia. Berbeda dari situs-situs berita berbahasa Indonesia lainnya, detikcom hanya mempunyai edisi daring dan menggantungkan pendapatan dari bidang iklan.Meskipun begitu, detikcom merupakan yang terdepan dalam hal berita-berita baru (breaking news). Sejak tanggal 3 Agustus 2011, detikcom menjadi bagian dari PT Trans Corporation, salah satu anak perusahaanCT Corp.
Detikcom merupakan portal kepada situs-situs:
• detikNews (news.detik.com) Berisi informasi berita politik-peristiwa
• detikFinance (finance.detik.com) Memuat berita ekonomi dan keuangan
• detikFood (food.detik.com) Informasi tentang resep makanan dan kuliner
• detikHot (hot.detik.com) Berisi info gosip artis/selebriti dan infotainment
• detiki-Net (inet.detik.com) Memuat informasi teknologi informasi
• detikSport (sport.detik.com) Berisi info olahraga termasuk sepakbola
• detikHealth (health.detik.com) Memuat info dan artikel kesehatan
• detikTV (tv.detik.com) Memuat info mengenai berisi berita video (tv berita) (sekarang menjadi CNN Indonesia)
• detikFoto (foto.detik.com) Yang memuat berita Foto
• detikOto (oto.detik.com) Memuat informasi mengenai otomotif
• detikTravel (travel.detik.com) Memuat informasi tentang liburan dan pariwisata
• detikSurabaya (surabaya.detik.com) Info Surabaya dan Provinsi Jawa Timur
• detikBandung (bandung.detik.com) Informasi tentang Bandung dan Provinsi Jawa Barat
• detikforum (forum.detik.com) Tempat diskusi online antar komunitas pengguna Detikcom
• blogdetik (blog.detik.com) Tempat pengakses mengisi info atau artikel, foto, video di halaman blog pribadi
• wolipop (wolipop.detik.com) Berisi informasi tentang wanita dan gaya hidup
• TanyaSaja (tanyasaja.detik.com) Tempat para pengakses bertanya jawab mengenai hal apa pun
• DetikMap (map.detik.com) Semacam alat/tool untuk melihat Peta lokasi
• IklanBaris (iklanbaris.detik.com) Berisi Iklan yang langsung diisi konsumen
• MyTRANS (www.mytrans.com) Live Streaming Trans TV dan Trans7, serta video program-program acara Trans TV dan Trans7
• Harian Detik (harian.detik.com) Berisi berita dalam bentuk koran digital yang diterbitkan 2x sehari pada pukul 06:00 WIB & 16:00 WIB (untuk edisi akhir pekan terbit 1x sehari pada pukul 06:00 WIB). Sejak 22 Juli 2013, Harian Detik dihentikan penerbitannya.












Kapanlagi.com
KapanLagi.com adalah situs web di Indonesia yang berfokus pada berita infotainmentSitus ini mulai beroperasi di bulanAgustus 2003, berkembang dari layanan SMS Alert, kemudian mengembangkan situs yang memfokuskan ke berita selebritis danentertainment. Situs ini mempunyai "motto" : "Kalau bukan sekarang, kapan lagi ?". KapanLagi.com mempunyai dua kantor diJakarta untuk bagian business development dan marketing, sedangkan di Malang untuk bagian editorprogrammer dandesainer.
KapanLagi.com memiliki beragam fitur, atau yang biasa disebut kanal (channel):
• Berita : meliputi berita showbiz (yang terdiri dari selebriti, musik, film, hollywood, asian star, sinetron, dan televisi), kick 'n goal, olahraga, politik, ekonomi, kriminal, tekno, dan pernik.
• Artikel: meliputi artikel mengenai lifestyle, selebriti, travel, otomotif, kesehatan, seksologi, tekno, gadget, tips, oscar, humor, resensi film dan musik, dan humor.
• Foto dan profil selebriti: yang terbagi dalam berita foto, galeri foto, serta profil selebriti yang meliputi selebriti Indonesia, Hollywood, Bollywood, dan Asia Timur (Hong Kong, Taiwan, China, dan Korea)
• Kuis KapanLagi: berisi pertanyaan-pertanyaan seputar dunia hiburan
• Jadwal Bioskop: informasi jadwal film yang diputar di bioskop-bioskop 21 di berbagai kota di Indonesia
• KL Trailer: berisi trailer film-film yang tengah diputar di bioskop, film-film box office, maupun film yang masih akan diputar beberapa bulan ke depan
• Kartu Ucapan: meliputi kartu ucapan sehari-hari dan hari raya
• KL Forum : forum untuk pengguna KapanLagi.com
Gabung di Twitter Clubbing KL
• KL Upload: pemuatan (upload) foto untuk forum/situs/blog
• KL Album: album foto online yang mampu menampung maksimal 100 buah foto
• KL Kamus: Kamus Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris
• KL Radio: radio online, menyajikan lagu-lagu hits dalam negeri dan mancanegara
• KL Mobile: layanan SMS Alert dan multimedia untuk ponsel
• KL WAP: layanan berita dan informasi untuk ponsel
• KL CityGuide : Panduan lengkap untuk mendapatkan info kuliner, hotel, wisata, belanja, restoran dan tempat favorit di kota-kota besar Indonesia.
Gabung di Twitter dan Facebook KL CityGuide
Kaskus
Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar dan nomor 1 Indonesia dan penggunanya disebut dengan Kaskuser.Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yaitu Andrew DarwisRonald Stephanus, dan Budi Dharmawan, yang sedang melanjutkan studi di SeattleAmerika SerikatSitus ini dikelola oleh PT Darta Media Indonesia.Kaskus memiliki lebih dari 6 juta pengguna terdaftar.Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa yang berdomisili di Indonesia maupun di luar Indonesia.
Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekadar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 900 ribu orang, dengan jumlah page view melebihi 15.000.000 setiap harinya.Hingga bulan Juli 2012, Kaskus sudah mempunyai lebih dari 601 juta posting.
Menurut Alexa.com, pada bulan Juli 2014 Kaskus berada di peringkat 285 dunia dan menduduki peringkat 7 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Pada tanggal 26 Mei 2012, Kaskus mengalami gangguan pada DNS (Domain Name System) pada domain .us. Sehingga, pada 27 Mei 2012, Kaskus berpindah domain yang mulanya berdomain .us sekarang menjadi .co.id dan .com





MMORPG
Permainan peran daring multipemain masif (bahasa InggrisMassively multiplayer online role-playing game (MMORPG)) adalah permainan peran komputer (RPG) yang melibatkan banyak pemain untuk bermain bersama dalam dunia maya yang terus berkembang pada saat yang sama melalui media Internet dan LAN.
Daftar permainan daring
Ada banyak permainan daring berjenis MMORPG baik dalam bentuk 2D seperti Xtreme Worlds hingga 3D tantra. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Persamaan yang mereka miliki pada:
• Adanya Quest atau Misi yang membuat pemain mendapat uang atau barang
• Dapat bekerja sama dalam sebuah 'team'/timguild atau clan.
• Mempunyai standar permainan RPG bertipe 'Slash-em-up' atau bertipe memukul monster untuk dapat meningkatkan level. Kebanyakan MMORPG memanfaatkan sistem tersebut, tetapi ada juga beberapa permainan yang tidak memfokuskan pada 'slash-em-up', tetapi petualangan seperti Everquest.


BLOG
Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003.Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.
Sejarah Blog
Pada 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra LabsSebagai salah satu perangkat publikasi blog pertama di dunia, Blogger berperan dalam mempopulerkan format blog di dunia.Pada Februari 2003, Pyra Labs diakusisi oleh Google, membuat sejumlah fitur premium Blogger yang sebelumnya dikomersialkan Pyra Labs menjadi layanan yang sepenuhnya gratis. Pada Oktober 2004, salah satu pendiri Pyra Labs, Evan Williams, mengundurkan diri dari Google.
Pada tahun 2004, Google membeli Picasa, dan mengintegrasikannya dengan Blogger sehingga pengguna Picasa dapat mempublikasikan koleksi foto miliknya ke situs blognya.
Pada 9 Mei 2004, Blogger memperkenalkan beberapa perubahan besar pada sistem publikasi blognya, menambahkan fitur seperti templat yang memenuhi standar web, halaman arsip individual untuk masing-masing posting dan komentar, serta fitur posting melalui email.
Pada 14 Agustus 2006, Blogger meluncurkan versi terbarunya dalam tahap beta, yang diberi nama kode "Invader". Versi terbaru ini memigrasikan pengguna Blogger ke server milik Google dan menambahkan beberapa fitur baru. Pada Desember 2006, versi baru ini keluar dari tahap beta. Mei 2007, Blogger selesai memigrasikan semua data penggunanya ke server Google.
WORDPRESS
WordPress ialah platform penerbitan pribadi yang semantik, yang berfokus pada estetika, standar web, dan kegunaan.WordPress bersifat gratis, namun di sisi lain juga tak ternilai harganya. Pendek kata, WordPress ‘lah yang Anda perlukan ketika ingin membangun sebuah blog atau sebuah situs web yang cantik.
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (databaseMySQLPHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software). Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNNReutersThe New York TimesTechCrunch, dan lainnya .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pemrograman Dasar 3

1. Merupakan salah satu Bahasa pemrograman visual hasil pengembangan produksi Borland adalah A. Delphi C. Javascript E. Dreamweaver B. Pascal D. Visual Basic 2.  Kata Delphi sendiri berasal dar i Bahasa… A. Yunani C. Inggris E. Belanda B. Romawi D. Indonesia 3.  Digunakan untuk menentukan pilihan lebih dari satu adalah fungsi dari komponen... A. ListBox C. CheckBox E. Radio Button B. Label D. Edit 4 .   Shortcut yang digunakan untuk menjalankan program (run) adalah... A. F5 C. F7 E. F9 B. F6 D. F8 5 .   Dibawah ini manakah penulisan bentuk umum Percabangan IF yang benar... A. If syarat then hasil; C. Then syarat if hasil; E.  If hasil then syarat;   B. Then hasil if syarat; D. Semua Jawaban Salah 6 . Jendela

Materi Firewall Fortigate Fundamentals

FIREWALL Firewall dapat disebut “gatekeeper” atau penjaga pintu gerbang yang melindungi internet perusahaan dan jaringan komputer lainnya dari intrusi atau penyusup. Firewall juga pada umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada gateway antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Firewall berfungsi untuk melakukan autentikasi terhadap akses, memfilter, mengawasi paket data yang mengalir di jaringan, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan lokal yang dilindungi firewall. sistem keamanan jaringan menggunakan fortigate FORTIGATE Fortigate  adalah sebuah sistem keamanan yang dikeluarkan oleh

Materi Subnetting dan VLSM

SUBNETTING Subnetting adalah teknik memecah suatu jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask untuk dijadikan Network ID baru. Subnetting merupakan teknik memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting hanya dapat dilakukan pada IP addres kelas A, IP Address kelas B dan IP Address kelas C. Dengan subnetting akan menciptakan beberapa network tambahan, tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut.   Alasan Melakukan Subnetting Mengalokasikan IP address yang terbatas supaya lebih efisien. Jika internet terbatas oleh alamat-alamat di kelas A, B, dan C, tiap network akan memliki 254, 65.000, atau 16 juta IP address untuk host devicenya. Walaupun terdapat banyak network dengan jumlah host lebih dari 254, namun hanya sedikit network (kalau tidak mau dibilang ada) yang memiliki host sebanyak 65.000 atau 16 juta. Dan network yang memiliki lebih dari 254 device akan me