Langsung ke konten utama

Mata Pelajaran Instalasi Software (Review Program)


Code Vision AVR
Code vision AVR merupakan software untuk membuat code program microcontroller AVR. Software ini bisa kita download versi demonya di www.hpinfotech.ro . Dari yang saya tahukebanyakan programmer memakai software ini karena fasilitas-fasilitas yang disediakan CodeVision AVR memudahkanprogrammer dalam membuat code. 
Kesulitan - kesulitan yang biasa ditemui saat memprogram yaitubelum bisa menggunakan menu -menu di CodeVision AVR, karena belum familiar. Dalam artikel ini saya coba memberigambaran singkat bagaimana cara menulis program di CodeVision AVR, merubah konfigurasi Compiler dan caramendownload program ke dalam microcontroller.

1. Membuat Project
Buka aplikasi CodeVision AVR , pilih menu: File -->New
Maka akan muncul message box Create New Filepilih Project lalu klik OK
 
Setelah itu akan muncul message box Confirmpilih NO. Message box ini menanyakan apakah kita akan menggunakanCodeWizardAVR??

CodeWizard AVR merupakan tools untuk menghasilkan code program secara otomatis. Hal ini memudahkanprogrammer karena gak perlu repot-repot menulis code program. Tapi untuk beginner sebaiknyajangan menggunakan fasilitas iniSaya sarankan tulis program dari awal agar lebih memahami setiap code program. 
Berikutnya muncul box Create New Project , pada kotak file name ketikkan nama file. Sebagai contoh beri namaCoba1
Lalu muncul box Configure Projectpada box initerdapat Files, C Compiler danAfter Make 
Tab Files digunakan untuk menyertakan file source code yang akan digunakan dalam project. Setiap project membutuhkanminimal satu file source. File sourcemerupakan file bahasa C yang kita tulis.
 
Biarkan dulu setting awal tab Files ini. Kita akan aturkemudian
Tab C Compiler digunakan untuk meng edit konfigurasicompiler. Tampilan tab C Compiler seperti berikut
Menu Chip untukmenentukan chip yang digunakanUbah chip keATmega8535 jika kitamenggunakan ATmega8535.
Menu Clock untukmenentukan frequency xtalyang digunakanmicrocontroller. Pastikannilainya sesuai. Sayamenggunakan xtal 4 Mhz.
Menu (s)printffeatures:untuk menentukankonfigurasifungsi printf dan sprintf .
Menu (s)scanf features: untuk menentukan konfigurasifungsi scanf dan sscanf .
Tab After Make digunakan untuk menentukan aplikasi yang dijalankan CodeVosion AVR setelah program di compile. 
 
Pilih (centangProgram the Chiphal ini berarti CodeVisionakan memprogram chip(micro) setelah program di compile.


Lalu klik OK
Setelah kita melakukan langkah satu diatas maka tampilan padaCodeVision AVR seperti berikut:
 
Langkah pertama tadi adalah langkah untuk membuatProject. Ingat!! setiap project membutuhkan minimal satu file source. Nah... Berikutnya kita akan membuat file source.
2. Membuat Source 
Buka aplikasi CodeVision AVR , pilih menu: File -->New
Maka akan muncul message box Create New Filepilih Source lalu klik OK
Simpan file source, pilih menu: File --> Save As
Beri nama file source. MisalCoba1
Setelah anda melakukan langkah-langkah diatastampilanCodeVision AVR seperti berikut:

3. Memasukkan File Source ke dalam Project
File source yang kita buat harus kita masukkan kedala projetCaranya:

Pilih menu: Project --> Configure

Padatab Filesklik Add (1).
Lalu akan muncul box Add File To Project
Pilih file source yang akan disertakandalam hal ini file sourcenya Coba1 (2)
Klik Open (3)
Kemudian klik OK (4)
Nachh!!! sekarang project telah siap kita gunakaSebagai awaltuliskan code program sederhana dulu
seperti:
#include <mega8535.h> 
void main(

DDRA=0xff
PORTA=0x0f 
}
Penjesan dari program diatas adalah:
#include <mega8535.h>
//menyertakan file library untuk chip ATmega8535
DDRA=0xff
//Port A, dijadikan sebagai output
PORTA=0x0f
/*
Mengeluarkan output ke Port A dengan nilai 0x0f f Heksaatau 0b00001111Berarti logic dari Port A saat program dijalankan
A. Port A.0 ----> HIGH (1)
B. Port A.1 ----> HIGH (1)
C. Port A.2 ----> HIGH (1)
D. Port A.3 ----> HIGH (1)
E. Port A.5 ----> low (0)
F. Port A.6 ----> low (0)
G. Port A.7 ----> low (0)
H. Port A.8 ----> low (0)
*/ 
Compile program dengan menekan F9,,,
Pasti ERROR.. he..he..heee..... ^_^
 
Perhatikan tampilan diatasterdapat informasi error di dalam Message Box.
Error: D:\.....\.....\.....\Coba1.c(6): missing ';'
Maksud dari pesan error di atas adalah:
D:\.....\.....\....\ adalah alamat file
Coba1.c adalah nama file
(6) adalah nomor baris yang error
Perlu diingat walau nomor baris yang error adalah baris ke6, error juga bisa terjadi karena kesalahan (error) padabaris sebelumnya.
: missing ';' adalah deskrpisi error
Deskripsi error diatas yaitu error terjadi karena tidakadanya(missing) karakter (titik koma). Setiap akhir barisdalam penulisan code harus diakhiri dengan ; (titik koma) 
Compile lagi program dengan menekan F9lihat apakah adaerror?? jika tidak ada tekan Shift F9untuk mengcompile ulangdan klik Program untuk mendownload program ke micro.
 
Gak bisa ya..... he3.... sabar buukk.... tuh karena kita blummengatur setting programmer yang akan digunakan.
4. Mengatur Setting Programmer
Pilih menu: Setting ---> Programmer

Jika anda menggunakandownloader yang terhubung keport parallel / port printer. Contoh: downloader DT-HiQ AVR ISP produksi innovative electronics, pastikanProgrammer Type nya
Kanda Systems STK200+/300
Printer Port :
LPT1: 378h
Jika anda menggunakan dowloadertipe lain misal yang terhubung ke USB, setting Programmer Type disesuaikan dengan keterangan di user manual bawaandownloader anda.
Yupz... sekarang tekan Shift F9 lalu klik Program.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pemrograman Dasar 3

1. Merupakan salah satu Bahasa pemrograman visual hasil pengembangan produksi Borland adalah A. Delphi C. Javascript E. Dreamweaver B. Pascal D. Visual Basic 2.  Kata Delphi sendiri berasal dar i Bahasa… A. Yunani C. Inggris E. Belanda B. Romawi D. Indonesia 3.  Digunakan untuk menentukan pilihan lebih dari satu adalah fungsi dari komponen... A. ListBox C. CheckBox E. Radio Button B. Label D. Edit 4 .   Shortcut yang digunakan untuk menjalankan program (run) adalah... A. F5 C. F7 E. F9 B. F6 D. F8 5 .   Dibawah ini manakah penulisan bentuk umum Percabangan IF yang benar... A. If syarat then hasil; C. Then syarat if hasil; E.  If hasil then syarat;   B. Then hasil if syarat; D. Semua Jawaban Salah 6 . Jendela

Materi Firewall Fortigate Fundamentals

FIREWALL Firewall dapat disebut “gatekeeper” atau penjaga pintu gerbang yang melindungi internet perusahaan dan jaringan komputer lainnya dari intrusi atau penyusup. Firewall juga pada umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada gateway antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Firewall berfungsi untuk melakukan autentikasi terhadap akses, memfilter, mengawasi paket data yang mengalir di jaringan, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan lokal yang dilindungi firewall. sistem keamanan jaringan menggunakan fortigate FORTIGATE Fortigate  adalah sebuah sistem keamanan yang dikeluarkan oleh

Materi Subnetting dan VLSM

SUBNETTING Subnetting adalah teknik memecah suatu jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask untuk dijadikan Network ID baru. Subnetting merupakan teknik memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting hanya dapat dilakukan pada IP addres kelas A, IP Address kelas B dan IP Address kelas C. Dengan subnetting akan menciptakan beberapa network tambahan, tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut.   Alasan Melakukan Subnetting Mengalokasikan IP address yang terbatas supaya lebih efisien. Jika internet terbatas oleh alamat-alamat di kelas A, B, dan C, tiap network akan memliki 254, 65.000, atau 16 juta IP address untuk host devicenya. Walaupun terdapat banyak network dengan jumlah host lebih dari 254, namun hanya sedikit network (kalau tidak mau dibilang ada) yang memiliki host sebanyak 65.000 atau 16 juta. Dan network yang memiliki lebih dari 254 device akan me