Langsung ke konten utama

Macam - macam router



Modem Tplink ADSL plus router

Dari jenis ini Tplink mengeluarkan tiga model modem router yaitu TD-8816, TD-8817 dan TD-8840T. semuamodel ini adalah gabungan modem ADSL dengan router dalam satu perangkat yang kompak. Ketiganya sudah dilengkapi dengan fitur fitur yang sama yaitu
TD-8816 


• Berbagi akses internet dengan layanan ADSL missal Speedy Telkom
• firewall (NAT) sebagai perlindungan ancaman internet dan juga memungkinkan berbagi koneksi internet
• performa downstream sampai 24Mbp
• dukungan terhadap QoS (quality of services) untuk memberikan prioritas bandwidth
• dilengkapi dengan Ethernet port untuk koneksi langsung ke sebuah computer atau ditambahkan sebuah Switch Ethernet agar lebih banyak koneksi

TD-8817

Perbedaan ketiganya:
1. untuk TD-8816 dilengkapi satu port RJ45 10/100Mbps Ethernet 
2. untuk TD-8817 dilengkapi satu port RJ45 10/100Mbps Ethernet plus USB port (jika computer tidak punya NIC adapter)
3. untuk TD-8840T dilengkapi 4x port RJ45 Ethernet 10/100Mbps, tanpa USB port

ADSL wireless routers

Dari jenis ADSL modem yang sudah termasuk wireless AP dan router didalamnya, Tplink banyak mengeluarkan model dari jenis ini yaitu dari jenis N150 maupun yang N300. N150 dari modelnya saja bisa memberikan gambaran kalo router ini memberikan speed wireless sampai 150Mbps. Begitu juga yang N300 memberikan speed sampai 300Mbps.
TD-8951ND


Dari yang jenis N150 ada tiga model yang ketiganya sangat baik untuk bermain game online, panggilan Internet (internet calls) dan video streaming, secara garis besar terlihat bedanya berikut:
1. TD-W8950ND – dilengkapi 4x 10/100Mbps Ethernet ports, tombol power On-Off dan WPS
2. TD-W8151N – dilengkapi dengan 1x 10/100Mbps Ethernet port, fitur QoS untuk melancarkan streaming IPTV dan lag-free untuk bermain game online
3. TD-W8951ND – dilengkapi dengan 4x 10/100Mbps Ethernet ports, tombol WPS, switch power On-Off serta tobol wireless On-Off, Port LAN/PVCs dan fitur QoS untuk pengalaman menyenangkan sekaligus (data, suara dan video)

TD-8960ND

Ketiganya sama sama memberikan speed sampai 150Mbps, bedanya seperti router Tplink TD-W8950ND tidak dilengkapi dengan tombol On-Off Wifi dan tidak ada fitur QoS. Dan untuk jumlah port Ethernet hanya yang TD-W8151N dilengkapi satu port saja.

Dari yang N300 ada empat model yaitu:
1. TD-W8961ND
2. TD-W8960N – support VPN IPSec sampai 10 tunnels
3. TD-W8968 - plus 1x USB port dan 1 port EWAN
4. TD-W8970 - plus 2x USB port, Gigabit port dan 1 port EWAN
Huawei, salah satu produsen perangkat jaringan dan mobile terkemuka dunia, beberapa waktu lalu memperkenalkan Datascrip sebagai distributor perangkat wireless networking mereka di Indonesia. Sebagai tahap awal, pihak Huawei dan Datascrip memperkenalkan beberapa produk, salah satunya adalah Media Router WS319. Perangkat tersebut ditujukan sebagai perangkat entry-level dengan standar Wireless N hingga kecepatan 300 Mbps.
Huawei Media Router WS319
Perangkat Media Router WS319 sendiri memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dengan desain yang hanya memungkinkan penempatan perangkat secara horizontal di meja atau vertikal di dinding dengan memanfaatkan lubang untuk paku yang ada. WS319 dilengkapi dua buah antena dengan panjang kurang lebih sama dengan panjang perangkat. Hadirnya dua buah antena tersebut memungkinkan perangkat ini memiliki bandwidth maksimal 300 Mbps.
Untuk koneksi jaringan dengan menggunakan kabel, WS319 dilengapi dengan 5 buah port Ethernet, 1 buah untuk WAN dan 4 buah untuk LAN. Cukup disayangkan, Huawei masih belum menggunakan standar Gigabit Ethernet untuk router mereka ini. Hal itu tampaknya dimaksudkan untuk menekan harga jual dari router entry-level ini.
Port koneksi yang ada di WS319
Selain port Ethernet, di sisi belakang perangkat ini juga terdapat port DC-in untuk sumber daya. Namun, satu hal yang menarik, kami tidak menemukan port USB di perangkat yang satu ini. Kami cukup terkejut, mengingat Huawei memberikan label “Media Router” untuk perangkat ini, yang dalam bayangan kami itu menandakan router ini memiliki kemampuan media server yang umumnya mengambil sumber dari storage berbasis USB.
Huawei menempatkan beberapa lampu indikator di bagian atas sisi depan perangkat. Terdapat lima buah lampu indikator yang masing-masing mewakili status dari Power, Internet, WLAN, WPS, dan LAN. Sementara untuk tombol pendukung operasi, terdapat tombol WPS/Reset yang ada di dekat port koneksi perangkat ini.
Cisco Router adalah sebuah perangkat/router yang banyak digunakan pada jaringan berbasis luas atau Wide Area Network (WAN). Dengan Cisco Router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada pada jaringan komputer yang berbeda.
Untuk meneruskan paket data dari satu jaringan ke jaringan  lainnya, Cisco Router menggunakan tabel dan protokol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang dituju. Inilah yang dimaksud dengan proses routing. Di postingan ane berikutnya akan dijelaskan mengenai cara routing dengan Cisco Router ini.
Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuan dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan sangat cepat. Maka dari itu, sama halnya seperti Komputer, Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Cisco Router juga memiliki sebuah sistem operasi loh, yang disebut denganInternetwork Operating System (IOS). Dilengkapi pula dengan sejumlahinterface untuk berhubungan dengan dunia luar dan keluar masuk data. Sama seperti Komputer, Cisco Router juga memiliki sejumlah jenis memori, yaitu ROM, RAM, NVRAM, dan FLASH, yang digunakan untuk membantu kinerja CPU.

Adapun kegunaan dari masing-masing memori tersebut adalah sebagai berikut :

1. ROM : Menyimpan sistem bootstrap yang berfungsi untuk mengatur proses boot dan menjalankan Power On Self Test (POST) dan IOS Image ya sama kayak komputer.
2. RAM : Menyimpan running configuration dan data sistem operasi IOS yang aktif.
3. NVRAM : Berguna untuk menyimpan konfigurasi awal (start-up configuration)
4. FLASH : Tempat menyimpan IOS Image. Dengan FLASH ini, IOS versi terbaru dapat diperoleh dari TFTP Server tanpa harus mengganti komponen dalam router.
Macam-macam Cisco Router
Umumnya perusahaan Cisco memberikan nomer model dengan angka kecil, seperti Cisco Router model 700 untuk jaringan WAN sederhana yang dipakai oleh perusahaan kecil.Sedangkan nomer dengan angka besar, seperti Cisco Router Model 12000 digunakan untuk jaringan WAN kompleks yang dipakai oleh perusahan besar.
Ada beberapa tipe router Cisco, seperti tipe Fixed yang mempunyaiinterface tetap yang tidak dapat diganti-ganti oleh pemakai. Cisco Router tipe modular yang harganya jauh lebih mahal, tetapi lebih flexibel dalam penggunaannya. Cisco Router 2500 series tersedia dalam bentuk fixed dan maupun modular
1.      Cisco Router Tipe Fixed Tingkat Akses
• Cisco router 700 series
• Cisco router 801-804
• Cisco router 805
• Cisco router 811 dan 813
• Cisco router 827
• Cisco router 1000 series
• Cisco router 2000 series
• Cisco router 2500 series
• Cisco router 3000 series

2.      Cisco Router Tipe Modular Tingkat Akses
• Cisco router 1600 series
• Cisco router 1720 dan 1750
• Cisco router 2500 series
• Cisco router 2600 series
• Cisco router 3600 series
• Cisco router 4000 series
3.      Cisco Router Tipe Modular Tingkat Inti
• Cisco router 7000 series, untuk enterprise
• Cisco router 10000 dan 12000 series, untuk enterprise










MikroTik  berasal dari kata mikrotikls yang berarti“network kecil”dalam bahasa Latvia.  MikroTik dengan trademark MikroTik,RouterOS dan RouterBOARD  merupakan perusahaan kecil berlokasi di Riga, ibukota Latvia bersebelahan dengan Rusia dan memiliki lebih dari 70 karyawan, pembentukannya diprakarsai oleh John Trully dan Arnis Riekstins. 

MikroTik yang mempunyai motto “Routing TheWord” didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan Router dan sistem ISP dengan wireless. Sekitar tahun 1997 MikroTik membuat sistem RouterOS perangkat lunak yang menyediakan stabilitas yang luas, kontrol, dan fleksibilitas untuk semua jenis interface data dan routing. Pada tahun 2002 MikroTik memutuskan untuk membuat perangkat keras sendiri  yangmempunyai kemampuan handal sebagi mesin Router , dan merek RouterBOARD akhirnya lahir.

RouterOS
RouterOS merupakan Software Router untuk PC (x86, AMD, dll). RouterOS ini berupa sistem operasi berbasis linux yang kita install pada komputer (Personal Computer) yang mampu menjadikan sebuah PC (bahkan dengan spesifikasi yang rendah) menjadi sebuah Router yang handal dengan fitur yang lengkap.

Berikut contoh spesifikasi komputer yang bisa kita dijadikan Router dengan menggunakan MikroTik RouterOS (semakin tinggi spesifikasi komputer yang digunakan tentu akan membuat semakin baik pula unjuk kerja dari Router) :
• Processor           :    Intel Pentium II 400 MHz
• Hardisk               :    4 GB
• RAM                   :    128 MB
• Network Card    :    2 buah NIC

RouterBOARD merupakan hardware (Router)  yang didesain oleh MikroTik. RouterBOARD memiliki beragam seri dan interface yang disesuaikan dengan kebutuhan.  RouterBOARD menggunakan RouterOS sebagai software / sistem operasinya.
Beberapa contoh Routerboard ini diantaranya adalah RB400, RB600, R52H, R52N, R2N yang merupakan Wireless board dan RB750, RB450G, RB1000 yang merupakan Embeded (sistem minimum) Router.
RouterBOARD  memiliki sistem pengkodean tertentu, misalnya untuk RouterBOARD RB433 seperti gambar diatas memiliki pengertian sebagai berikut:

Kode lainnya yang terdapat dibagian dibelakang tipe:
• U  -  dilengkapi port USB
• A  -  Advanced, biasanya level 4 atau diatasnya
• H  - High Performance, Processor lebih tinggi
• R  -  dilengkapi Wireless Card embedded
• G  -  dilengkapi port Ethernet Gigabit

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pemrograman Dasar 3

1. Merupakan salah satu Bahasa pemrograman visual hasil pengembangan produksi Borland adalah A. Delphi C. Javascript E. Dreamweaver B. Pascal D. Visual Basic 2.  Kata Delphi sendiri berasal dar i Bahasa… A. Yunani C. Inggris E. Belanda B. Romawi D. Indonesia 3.  Digunakan untuk menentukan pilihan lebih dari satu adalah fungsi dari komponen... A. ListBox C. CheckBox E. Radio Button B. Label D. Edit 4 .   Shortcut yang digunakan untuk menjalankan program (run) adalah... A. F5 C. F7 E. F9 B. F6 D. F8 5 .   Dibawah ini manakah penulisan bentuk umum Percabangan IF yang benar... A. If syarat then hasil; C. Then syarat if hasil; E.  If hasil then syarat;   B. Then hasil if syarat; D. Semua Jawaban Salah 6 . Jendela

Materi Firewall Fortigate Fundamentals

FIREWALL Firewall dapat disebut “gatekeeper” atau penjaga pintu gerbang yang melindungi internet perusahaan dan jaringan komputer lainnya dari intrusi atau penyusup. Firewall juga pada umumnya digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan pribadi dari pihak luar. Firewall adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang tidak aman. Umumnya firewall diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada gateway antara jaringan lokal dengan jaringan internet. Firewall berfungsi untuk melakukan autentikasi terhadap akses, memfilter, mengawasi paket data yang mengalir di jaringan, dan mengontrol lalu lintas data yang diizinkan untuk mengakses jaringan lokal yang dilindungi firewall. sistem keamanan jaringan menggunakan fortigate FORTIGATE Fortigate  adalah sebuah sistem keamanan yang dikeluarkan oleh

Materi Subnetting dan VLSM

SUBNETTING Subnetting adalah teknik memecah suatu jaringan besar menjadi jaringan yang lebih kecil dengan cara mengorbankan bit Host ID pada subnet mask untuk dijadikan Network ID baru. Subnetting merupakan teknik memecah network menjadi beberapa subnetwork yang lebih kecil. Subnetting hanya dapat dilakukan pada IP addres kelas A, IP Address kelas B dan IP Address kelas C. Dengan subnetting akan menciptakan beberapa network tambahan, tetapi mengurangi jumlah maksimum host yang ada dalam tiap network tersebut.   Alasan Melakukan Subnetting Mengalokasikan IP address yang terbatas supaya lebih efisien. Jika internet terbatas oleh alamat-alamat di kelas A, B, dan C, tiap network akan memliki 254, 65.000, atau 16 juta IP address untuk host devicenya. Walaupun terdapat banyak network dengan jumlah host lebih dari 254, namun hanya sedikit network (kalau tidak mau dibilang ada) yang memiliki host sebanyak 65.000 atau 16 juta. Dan network yang memiliki lebih dari 254 device akan me